Apa itu diabetes

Apa itu diabetes –  Diabetes adalah kondisi medis yang ditandai oleh kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh. Hal ini terjadi ketika tubuh tidak dapat menghasilkan atau menggunakan insulin dengan efektif. Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas yang membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Jika tubuh tidak dapat memproduksi cukup insulin atau tidak dapat menggunakan insulin yang ada dengan baik, maka gula darah akan terakumulasi dalam darah dan menyebabkan diabetes.

Diabetes dapat dibagi menjadi dua jenis utama:

diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 1 terjadi ketika tubuh tidak dapat menghasilkan insulin sama sekali, sementara diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan efektif. Ada juga diabetes gestasional, yaitu kondisi diabetes yang terjadi selama kehamilan.

apa itu Apa itu diabetes
apa itu Apa itu diabetes

Gejala diabetes meliputi sering merasa haus, sering buang air kecil, merasa lelah, kulit gatal, dan pandangan kabur. Jika tidak diobati, diabetes dapat menyebabkan komplikasi serius seperti kerusakan saraf, kerusakan ginjal, kebutaan, dan masalah kardiovaskular. Diabetes dapat diobati dengan perubahan gaya hidup sehat, obat-obatan, dan dalam beberapa kasus, terapi insulin.

Diabetes adalah suatu penyakit yang diidap oleh orang yang tidak bisa mengontrol pola makannya, sehingga glukosa didalam darahnya lebih tinggi dari normalnya. sehingga tubuh terganggu dalam memproduksi insulin. Biasanya penyakit Diabetes ini juga diakibatkan 50% dari keturunan, 50% dari cara kita mengontriol asupan gula kedalam tubuh sehingga asupan gula berlebih dari yang dibutuhkan

Baca JugaMecobalamin untuk saraf kejepit

Biasanya pada pasien diabetes ini dalam kondisi kronis atau sudah berlangsung lama, keadaan pasien mengalami gangguan metabolisme, disebabkan gangguan hormonal, bisa menyebabkan gangguan pada syaraf, termasuk pada syaraf mata, pada ginjal,luka pada pembuluh darah.

Adapun tipe Diabetes dibagi ke 2 tipe

Diabetes tipe 1 dimana organ tubuh yang bernama Pankreas tidak bisa memproduksi insulin dengan optimal atau bahkan tidak memproduksi insulin sama sekali.

Diabetes tipe 2 dimana tubuh kita tidak dapat memproses glukosa menjadi energi, sehingga gula darah dalam tubuh meningkat.
Gejala yang sering ditemukan pada pasien Diabetes melitus

Kelainan kulit : kulit gatal-gatal,bisul dan luka tidak sembuh

Kelainan pada organ vital : gatal-gatal pada vagina/penis, gampang jamuran didaerah organ intim, keputihan bagi wanita.
– Tangan dan kaki kesemutan dan ba’al
– Sering buang air kecil
– sering merasa haus
– sering merasa Lapar
– Pada pasien tahap awal gejala-gejala diatas belum terlihat, jika tahap lanjut pasien akan mengalami gejala- gejala tersebut.